Menanti Gerhana Bulan Total (Blood Moon) 8 Oktober 2014

http://astronesia.blogspot.com/

Gerhana Bulan


AstroNesia ~ Pada hari Rabu nanti (8 Oktober), Bulan purnama akan muncul, hal ini akan bertepatan dengan terjadinya fenomena astronomi langka yang disebut Gerhana Bulan Total. Ini adalah gerhana bulan total kedua tahun ini yang bisa disaksikan di Indonesia.

Gerhana ini akan berlangsung pada pukul 15.14 - 20.35 WIB. Adapun totalitas akan berlangsung selama satu jam, mulai pukul 17.24 - 18.24 WIB. Puncak gerhananya pada pukul 17.54 WIB.

Di Indonesia bagian barat, waktu puncak gerhana bulan total kemungkinan besar sulit terlihat karena masih di sekitar garis ufuk. Pada saat itu, matahari baru saja terbenam selang beberapa menit, yakni pada 17.41 WIB. “Bulan muncul di ufuk timur setelah matahari terbenam, jadi pas puncak agak susah terlihat kalau di kota atau cuacanya mendung".

Wilayah terbaik untuk menyaksikan gerhana adalah Indonesia bagian timur. Seluruh tahapan gerhana bisa diamati pada saat itu.  Di wilayah Indonesia bagian barat, seperti Jawa dan Sumatera, gerhana mulai bisa disaksikan menjelang totalitasnya.

Gerhana pada 8 Oktober ini akan membuat Bulan berwarna merah hingga disebut juga Blood Moon. Apa yang membuatnya berwarna merah?

Purnama akan terhalangi bumi. Saat itu cahaya matahari akan dibiaskan atmosfer bumi ke bulan sehingga bulan terlihat merah.

Sementara pada tanggal 23 Oktober nanti, Gerhana Parsial (sebagian) juga akan terjadi.

Baca jadwal astronomi Oktober 2014 disini :  Jadwal Fenomena Astronomi Di Bulan Oktober 2014



Sumber(Astronesia

Komentar Terbaru

Just load it!