Kamera Luar Angkasa Tangkap Objek Misterius

(Foto: Nbcnews)
CALIFORNIA - Kamera HiRISE (High Resolution Imaging Science Experiment) menangkap sebuah gambar objek yang ada di Mars. Salah satu objek yang menarik untuk diamati adalah pola gundukan misterius yang ada di planet merah tersebut.

Dilansir Hirise.lpl.arizona, Kamis (28/3/2013), aspek yang paling mencolok dari gambar ini adalah pola seperti sarang lebah dari bukit-bukit pasir. Gambar ini diabadikan sebagai pemantauan musiman oleh HiRISE, yang dipasangkan pada satelit  Mars Reconnaissance Orbiter.

Kamera luar angkasa ini telah mengambil gambar seluruh musim pada planet merah untuk melihat perubahan apa yang terjadi. Selain itu, gambar yang ditangkap juga bisa diteliti untuk melihat perubahan bentuk objek Mars dari waktu ke waktu.

Kabarnya, gundukan tersebut merupakan permukaan yang ditutupi dengan es karbon dioksida musiman. Selain itu, gundukan ini merupakan lereng dari sebuah bukit pasir yang juga menampilkan bintik-bintik gelap.

Kamera HiRISE memiliki berat 65 kilogram yang dikembangkan di bawah pengarahan ilmuwan University of Arizona's Lunar and Planetary Laboratory oleh Ball Aerospace & Technologies Corp. Instrumen ini bisa menangkap gambar Mars dengan resolusi 0,3 juta per pixel.

HiRISE juga membantu NASA untuk melakukan pencitraan pada pendaratan misi robot Curiosity serta Opportunity di Mars. Kabarnya, teleskop luar angkasa canggih ini dibuat dengan biaya USD40 juta. 

sumber=http://techno.okezone.com/read/2013/03/28/56/782764/kamera-luar-angkasa-tangkap-objek-misterius

Komentar Terbaru

Just load it!