'Salamander II', Robot Amfibi Yang Autonomous

foto: Treehugger
 
ZURICH – Tim peneliti telah menciptakan robot menakjubkan yang disebut Salamander II. Robot ini perisis seperti hewan amfibi yang dapat hidup di dua alam dengan cara bertransisi antara berjalan di daratan dan berenang di air.

Dilansir Treehugger, Kamis (21/3/2013), robot amfibi yang dikembangkan di Biorobotics Laboratory of École Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL), Swiss, merupakan robot pertama yang mampu berjalan, melata, dan berenang dengan sempurna.

Sebelumnya, pernah ada robot amfibi yang berbentuk seperti ular dapat merayap di tanah dan air. Dalam laporan Gizmag dikatakan, “Untuk melakukan ini, tim sebelumnya harus membangun tiruan struktur vertebrata seekor salamander, mulai dari tubuhnya hingga sikapnya yang dapat berubah tergantung sedang di air atau dataran,” jelas tim peneliti.

Salamander II ini berjalan dengan cara memutarkan badannya, namun untuk menghasilkan gerakan renang dalam gelombang air, ia membutuhkan sistem osilator nonlinier yang digabungkan dengan sebuah controller.

Kemudian manusia dapat menggunakan laptop yang terhubung nirkabel untuk mengendalikan microcontroller pada robot untuk mengubah gerak, kecepatan, dan arah. Hasilnya, Salamander II dapat berenang seperti ikan, melata seperti ular, dan berjalan seperti kadal.

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik dari robot ini adalah modularitas. Yaitu, setiap modul berisikan microcontroller sendiri, baterai, dan bagain tubuh yang dipisah-pisahkan namun masih tetap dapat berfungsi dengan baik.

Hal ini tentunya akan sangat berguna bila digunakan dalam operasi evakuasi korban bencana yang terperangkap di keadaan sulit. Jika bagian dari Salamander II ini ada yang hilang atau rusak, maka sisanya dapat melanjutkan secara autonomous (tidak bergantung).
sumber=http://techno.okezone.com/read/2013/03/21/56/779225/salamander-ii-robot-amfibi-yang-aotonomous

Komentar Terbaru

Just load it!