'Pars', Robot Penyalamat Ala Bay Watch

Robot Pars (Foto: Robots)
 TEHERAN – Peneliti dari Lab RTS di Teheram, Iran, memperkenalkan robot penyelamat bernama Pars. Robot yang berbasis di kapal lepas pantai, Quadcopter, akan langsung merespon ketika mendapat signal peringatan dari FLIR mengenai korban yang tenggelam di laut.

Dilansir Robots, Rabu (27/3/2013), Pars merupakan robot Arial yang dirancang untuk menyelamatkan nyawa manusia, terutama orang-orang yang tenggelam di dekat garis pantai.

Selain itu, robot ini juga dapat berfungsi sebagai pemantau struktur pantai, pemantau bencana, membuat rekaman dan gambar untuk setiap misi penyelamatan, dan juga memberikan bantuan memadamkan api ketika ada kapal yang terbakar di laut.

Robot ini dirancang menggunakan teknologi baru untuk navigasinya. Beberapa teknologi yang digunakan adalah intelejensi suara, pengolahan citra, autopilot untuk melakukan pencarian dan penyelamatan, serta kombinasi teknologi sensor.

Tak hanya itu, robot ini juga dapat memainkan peranan penting dalam menyelamatkan orang-orang yang terluka.

Saat uji coba Pars, prototype dapat membawa satu sampai tiga pelampung sekaligus. Bahkan, peneliti berencana menciptakan robot penyelamat ini yang dapat membawa 15 pelampung dalam sekali aksinya.

“Pars memanfaatkan energi materi sebagai tenaga perjalanannya. Platform pada robot yang akan banyak menghabiskan waktu di laut ini, menggunakan data satelit untuk mengontrol robot agar selalu siap beraksi. Jadi, ketika terjadi insiden di laut, satelit akan dengan cepat mengirimkan signal kepada Pars untuk segera memberikan bantuan,” ujar salah seorang peneliti , Amin Rigi, melalui website-nya.

Meskipun sumber tenaga Pars didapatkan dari energi matahari, tetapi ia juga memiliki platform khusus di Quadcopter yang berfungsi menjadi stasiun pengisian untuk menjaga robot berada dalam kondisi siap terus-menerus.
sumber=http://techno.okezone.com/read/2013/03/27/56/782275/pars-robot-penyelamat-ala-bay-watch

Komentar Terbaru

Just load it!