Ilmuwan Bikin Jubah "Tembus Pandang" ala Harry Potter

 
WASHINGTON - Ilmuwan asal University of Texas baru-baru ini mengungkap pengembangan material bernama 'metascreen', yang dapat digunakan untuk kamuflase. Dengan demikian, pengguna yang menggunakan jubah berbahan 'metascreen' ini seolah tembus pandang pada kondisi tertentu.

Dilansir Foxnews, Kamis (28/3/2013), versi miniatur dari jubah gaib ala film Harry Potter kini telah dibuat. Meskipun begitu, pengembangan perangkat tersebut hanya bekerja dalam cahaya microwave dan bukan cahaya yang tampak.

Ini dikatakan sebagai trik yang bagus, di mana fisikawan yang menciptakan jubah baru ini mengatakan bahwa material ini selangkah lebih dekat untuk mewujudkan jubah gaib sungguhan. Penemuan terbaru ini mengandalkan material 'metascreen' yang terbuat dari potongan pita tembaga.

Potongan pita tembaga ini kemudian dilekatkan pada film polikarbonat fleksibel. Pita tembaga tersebut hanya memiliki ketebalan 66 mikrometer, sedangkan film polikarbonat setebal 100 mikrometer. Keduanya digabungkan dalam pola jaring diagonal.

Pengembangan terbaru ini berasal dari percobaan sebelumnya untuk menciptakan jubah tembus pandang, yang bertujuan untuk membelokkan sinar cahaya di sekitar objek.

Andrea Alu, fisikawan di University of Texas di Austin mengatakan, ketika bidang tersebar dari jubah dan objek terganggu, maka ini akan menghasilkan transparansi serta tembus pandang. Dalam pengujian, Alu dan timnya berhasil "menyembunyikan" batang silinder dengan panjang 7 inci dari pandangan dalam cahaya microwave.

Mereka mengatakan, teknologi yang sama seharusnya mampu menyembunyikan bentuk objek asimetris lainnya. "Keuntungan dari mantel cloaking dengan teknik yang ada, mudah dalam manufaktur serta bandwidth yang ditingkatkan," tutur Alu. 


sumber=http://techno.okezone.com/read/2013/03/28/56/782756/ilmuwan-bikin-jubah-tembus-pandang-ala-harry-potter


Komentar Terbaru

Just load it!